Minggu, 08 Desember 2013

Review Buku


Saya akan me-review sebuah buku yang berjudul “jualan ide segar” karangan M. Arief Budiman, S.Sn”


Buku ini bercerita tentang bagaimana PT. Petakumpet Creative Network dalam menjalankan usaha ide kreatifnya dari awal terbentuk hingga dapat sukses seperti sekarang. Buku ini sangat bagus untuk entrepreneur muda yang ingin membangun usahanya, karena tema buku ini ialah “Bagaimana Membangun Bisnis Ide Milyaran Rupiah Tanpa Modal”.

Buku ini menjelaskan keunggulan bisnis ide, yang terdiri dari:
  1. Tidak perlu paham fisika, matematika kimia
  2. Tidak perlu modal besar
  3.  Bahan bakunya gratisan dan tak mungkin habis
  4. Tidak tergantung tempat
  5.  Boleh sarungan kalo kerja
  6.  Bisa menjual sekeping DVD seharga Rp.188.000.000
  7.  Jualannya sama, harga semaunya
  8.  Bisa beramal dengan ide                                          
Dibuku ini juga menjelaskan tentang prinsip-prinsip dasar perusahaan, yang terdiri dari:

  1. Dewan Pendiri Berhak dan Bertanggung Jawab Penuh
  2. Dewan Pendiri Menentukan Pengembangan Perusahaan
  3. Didukung Hanya Oleh SDM yang Handal
  4. Stake holder Berhak Menikmati Keuntungan Perusahaan
  5. Menetapkan Standar Gaji di Atas Rata-rata
  6. Manajer Adalah Pelayan, Bukan Penguasa
  7. Team Work, Bukan One Man Show
  8. Aturan/Prosedur/Sistem Untuk Mempermudah, Bukan Mempersulit
  9. Manajemen Terbuka dan Bottom Up
  10. Staf Creative Digaji Lebih Tinggi
  11. Manajerial Teknis Untuk Mewadahi Staf Ahli Kreatif
  12. Penentuan Jenjang Karier yang Objektif
  13. Menerapkan Sistem Demokratis, Transparan dan Visioner
  14. Menciptakan Fokus Dalam Bidang Usaha
Buku ini juga menjelaskan sejarah mengenai petakumpet yang terbentuk pada 1 Mei 1995 oleh kelompok mahasiswa Diskomvis 1994 FSR ISI Yogyakarta, di sebuah studio kecil di Pakuncen 11 Yogyakarta. Petakumpet dijadikan menjadi sebuah perusahaan oleh beberapa orang pada bulan September 1999 dan berubah nama menjadi Petakumpet AIM, yang hanya bermodalkan dua komputer 386 DX, satu scanner, satu printer, dan satu kompresor.
Buku ini juga menceritakan mengenai bagaimana memperoleh ide segar, merancang iklan cerdas, presentasi ide, dan sebagainya.





Tidak ada komentar:

Posting Komentar